Kandang menyediakan tempat untuk memperbanyak hewan uji dan hewan model yang digunakan dalam penelitian. Terdiri dari terrarium untuk mengurus hewan-hewan akuatik (ikan, penyu, katak), serta kandang yang digunakan untuk mengurus tikus dan mencit.

Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana yang diperlukan untuk analisis biomedis seperti : Centrifuge , Vacuum Pump, Hot Plate, Spectrophotometer, Water Bath, Ultrasonicator,Microtom, Electrophoresis,Westren Blot, Incubator CO2, Freezer -80 C,pH meter, UV iluminator,Microscope Inverted,Laminar Air Flow,Nitrogen Locator,PCR, Microscope Epi Flourescence.

Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana yang diperlukan untuk perilaku hewan baik dari kelompok vertebrata maupun dari kelompok invertebrata. Laboratorium ini difasilitasi dengan berbagai perangkat diantaranya Kymograph, Student Stimulator, Chart Recorder.

Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana yang diperlukan untuk melakukan uji hayati serangga seperti : Condition Chamber, Microtome, Stereo Microscope, Optical Fiber, Incubator, Monocular Microscope, Gas Cromatograph, Sieve Shaker. Uji hayati tersebut meliputi serangga berguna dan serangga pengganggu.

Laboratorium ini difasilitasi peralatan yang menunjang penelitian di bidang biologi perkembangan hewan, dari tingkat organ, jaringan, sel hingga molekul. Laboratorium ini juga dapat memberikan pelayanan yang memerlukan preparat awetan hewan, elektroforesis 1D dan 2D dan uji toksisitas.

Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana yang diperlukan untuk uji toksisitas, seperti Tin Layer Chromatography, Water Bath, Biotron, Environmental Chamber, Mikroskop. Selain kegiatan pendidikan dan penelitian di laboratorium ini juga melayani jasa uji toksisitas bagi pihak yang memerlukan.