KERJASAMA

INTERNAL

PENGEMBANGAN KIT DENGUE [RISET]

Salah satu anggota KK FPHSB, Dr. Wardono Niloperbowo, membangun kolaborasi riset bersama KK Biokimia, Program Studi Kimia, FMIPA, ITB dalam penelitian berjudul Pengembangan Kit Dengue. Penelitian ini telah berlangsung selama 3 tahun sejak 2014 dan didanai oleh DIKTI.

PENGEMBANGAN VAKSIN HBS-AG [RISET]

Salah satu anggota KK FPHSB, Dr. Wardono Niloperbowo, membangun kolaborasi riset bersama KK Bioteknologi Farmasi, Sekolah Farmasi, ITB dalam penelitian berjudul Pengembangan Vaksin HbS-Ag. Penelitian ini telah berlangsung selama 3 tahun sejak 2014 dan didanai oleh grant RISPRO LPDP.

 

DEVELOPMENT OF BIO-BASED MATERIAL SCAFFOLDS FOR TISSUE ENGINEERING [RISET]

Salah satu anggota KK FPHSB, Dr. Anggraini Barlian, membuat kolaborasi riset kembali dengan dosen dari teknik material FTMD-ITB, Dr. Hermawan, dan melakukan kerjasama bimbingan bersama mahasiswa. Riset ini melibatkan mahasiswa TA S1, baik dari program studi Biologi, maupun dari program studi Teknik Material.

EKSTERNAL

WORKSHOP BASIC CELL CULTURE AND CELL ANALYSIS USING FLOW CYTOMETRY

Workshop untuk umum tentang teknik dasar kultur sel dan analisis kultur sel menggunakan Flow Cytometry. Melibatkan 16 peserta yang berasal dari industri ataupun lembaga penelitian seperti BATAN, BIOFARMA, RS.Dharmais, FKUI-RSCM, FKG-UNPAD, Universitas Negeri Malang.

MEKANISME ANTI-AGING MENGGUNAKAN NANO-PROPOLIS PADA SEL KULIT NORMAL MANUSIA YANG DIINDUKSI OLEH NANO-MATERIAL BERBASIS ZN-TBP [RISET]

Riset yang didanai oleh Center of Advanced Science (CAS) dan JICA ini termasuk dalam program Riset Pengembangan ITB. Dalam riset ini, salah satu anggota KK FPHSB, Dr. Anggraini Barlian, melakukan kolaborasi riset bersama dosen dari Program Studi Fisika, FMIPA ITB, Dr. Suprijadi dan dosen Program Studi Fisika, FMIPA, Universitas Airlangga , Dr. Febdian Rusydi, untuk melakukan penelitian terintegrasi yang menggabungkan analisis biologis serta analisis komputasi pemodelan terhadap parameter-parameter biologis yang digunakan.

CULTURE SURFACE DESIGN TO DIRECT COMMITMENT OF HUMAN MESENCHYMAL STEM CELLS TO MYOGENIC LINEAGE [RISET]

Kolaborasi penelitian ini didukung oleh program UNESCO Biotechnology School in Asia, dimana mahasiswa terpilih dari SITH ITB dapat melaksanakan riset tugas akhirnya di Osaka University. Dalam program tersebut, mahasiswa S2 bimbingan dari Dr. Anggraini Barlian mendapat kesempatan untuk melaksanakan riset di bawah bimbingan Prof. Masahiro Kino-oka dari Osaka University. Program tersebut kemudian menghasilkan kerjasama riset dan mahasiswa bimbingan bersama.