BIOMEDICAL SCIENCES GIVING QUALITY TO LIFE

KK Fisiologi, Perkembangan Hewan dan Sains Biomedik (FPHSB) merupakan kelompok keilmuan yang mempelajari tentang konsep fisiologi dan biologi perkembangan serta penerapannya untuk mendukung pengembangan sains biomedika yang diharapkan dapat menjawab permasalahan kesehatan secara global dan juga meningkatkan kualitas kehidupan manusia

ROADMAP

ANGGOTA KK

Dr. Anggraini Barlian

Rekayasa Jaringan

Biologi Perkembangan

Penuaan

Dr. Ahmad Ridwan

Fisiologi Hewan

Biologi Perilaku

Dr. Ayda Trisnawaty Yusuf

Toksikologi

Biologi Perkembangan

Dr. Indra Wibowo

Biologi Regenerasi

Nutrigenomic

Biologi Perkembangan

Dr. Lulu Lusianti Fitri

Biologi Perilaku

Neurosains

Fisiologi Hewan

Dr. Sony Heru Sumarsono

Biologi Perkembangan

Embriologi

Dr. Tjandra Anggraeni

Entomologi

Imunitas Serangga

Fisiologi Hewan

Dr.rer.Nat. Marselina Irasonia Tan

Kanker

Sel Punca

Rekayasa Jaringan

Wardono Niloperbowo, Ph.D.

Rekayasa Bioproses

PELATIHAN TES KOMET

Pelatihan ini merupakan kerjasama KK FPHSB dengan lembaga penelitian BATAN untuk memberikan keterampilan baru tentang tes komet. Aplikasi tes komet sangat penting dalam penelitian di BATAN untuk mengevaluasi efek radiasi terhadap kerusakan DNA. Pelatihan ini melibatkan dosen KK FPHSB, Dr. AYda T. Yusuf

PEMBINAAN KELOMPOK PETANI PISANG DI WERA SARI, SUBANG, JAWA BARAT

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung selama tahun 2015 dan melibatkan dosen KK FPSB, yaitu Dr. Tjandra Anggraeni. Tujuan dilakukannya kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengedukasi kelompok petani di daerah Subang, Jawa Barat tentang metode alternatif pengendalian serangga vector penyakit darah (Blood Disease Bacterium) di Wera Sari, Kecamatan Subangm Kab. Subang, Jawa Barat, dengan menggunakan bioinsektisida repellent.

PEMBINAAN DAN PEMBERDAYAAN KELOMPOK NELAYAN TRADISIONAL DI KEC. SEI KAKAP KALIMANTAN BARAT

Kegiatan pengabdian masyarakat ini didukung oleh LPPM ITB dan dimaksudkan untuk memanfaatkan potensi yang dimiliki masyarakat Kec. Sei Kakap melalui kekayaan hayati yang dimilikinya, yaitu Cacing Nipah Namalycastis, dengan memberikan teknologi budidaya yang lebih baik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung selama 2 tahun sejak 2014 hingga 2015 dan melibatkan dosen-dosen KK FPHSB seperti Dr. Ahmad Ridwan dan Dr. Tjandra Anggraeni.melalui Teknologi Budidaya Cacing Nipah

WORKSHOP BASIC CELL CULTURE AND CELL ANALYSIS USING FLOW CYTOMETRY

KK FPHSB bekerja sama dengan BD Bioscience, supplier alat Flow Cytometry,  menyelenggarakan kegiatan workshop bertajuk “Workshop Basic Cell Culture and Cell Analysis Using Flow Cytometry”  yang diadakan untuk menjawab kebutuhan para pelaku industri dan penelitian terkait teknik sel kultur dan aplikasinya, terutama dari bidang kesehatan, serta sebagai implementasi ilmu dan keterampilan yang dimiliki oleh anggota KK FPHSB

PENGEMBANGAN KIT DENGUE [RISET]

Salah satu anggota KK FPHSB, Dr. Wardono Niloperbowo, membangun kolaborasi riset bersama KK Biokimia, Program Studi Kimia, FMIPA, ITB dalam penelitian berjudul Pengembangan Kit Dengue. Penelitian ini telah berlangsung selama 3 tahun sejak 2014 dan didanai oleh DIKTI.

PENGEMBANGAN VAKSIN HBS-AG [RISET]

Salah satu anggota KK FPHSB, Dr. Wardono Niloperbowo, membangun kolaborasi riset bersama KK Bioteknologi Farmasi, Sekolah Farmasi, ITB dalam penelitian berjudul Pengembangan Vaksin HbS-Ag. Penelitian ini telah berlangsung selama 3 tahun sejak 2014 dan didanai oleh grant RISPRO LPDP.

 

DEVELOPMENT OF BONE SCAFFOLD WITH ANTICANCER PROPERTIES [RISET]

Salah satu anggota KK FPHSB, Dr. Marselina I. Tan, membuat kolaborasi riset dengan dosen dari teknik Fisika FTI-ITB, Prof. Bambang Sunendar, dan melakukan kerjasama bimbingan bersama mahasiswa S1 Biologi.

DEVELOPMENT OF BIO-BASED MATERIAL SCAFFOLDS FOR TISSUE ENGINEERING [RISET]

Salah satu anggota KK FPHSB, Dr. Anggraini Barlian, membuat kolaborasi riset kembali dengan dosen dari teknik material FTMD-ITB, Dr. Hermawan, dan melakukan kerjasama bimbingan bersama mahasiswa. Riset ini melibatkan mahasiswa TA S1, baik dari program studi Biologi, maupun dari program studi Teknik Material.

WORKSHOP BASIC CELL CULTURE AND CELL ANALYSIS USING FLOW CYTOMETRY

Workshop untuk umum tentang teknik dasar kultur sel dan analisis kultur sel menggunakan Flow Cytometry. Melibatkan 16 peserta yang berasal dari industri ataupun lembaga penelitian seperti BATAN, BIOFARMA, RS.Dharmais, FKUI-RSCM, FKG-UNPAD, Universitas Negeri Malang.

MEKANISME ANTI-AGING MENGGUNAKAN NANO-PROPOLIS PADA SEL KULIT NORMAL MANUSIA YANG DIINDUKSI OLEH NANO-MATERIAL BERBASIS ZN-TBP [RISET]

Riset yang didanai oleh Center of Advanced Science (CAS) dan JICA ini termasuk dalam program Riset Pengembangan ITB. Dalam riset ini, salah satu anggota KK FPHSB, Dr. Anggraini Barlian, melakukan kolaborasi riset bersama dosen dari Program Studi Fisika, FMIPA ITB, Dr. Suprijadi dan dosen Program Studi Fisika, FMIPA, Universitas Airlangga , Dr. Febdian Rusydi, untuk melakukan penelitian terintegrasi yang menggabungkan analisis biologis serta analisis komputasi pemodelan terhadap parameter-parameter biologis yang digunakan.

CONTROL OF BANANA BLOOD DISEASE SPREADING IN INDONESIA BY CUTTING OFF THE COMMUNICATION BETWEEN THE INSECT VECTOR OF BLOOD DISEASE BACTERIUM (BDB) AND THE BANANA PLANT [RISET]

Riset tentang pengendalian penyebaran penyakit Banana Blood pada tanaman pisang dengan mengontrol komunikasi antara serangga vector penyakit tersebut dengan tanaman pisang. Penelitian ini melibatkan kerjasama dengan Osaka University dan didukung oleh Riset KLN Dikti.

CULTURE SURFACE DESIGN TO DIRECT COMMITMENT OF HUMAN MESENCHYMAL STEM CELLS TO MYOGENIC LINEAGE [RISET]

Kolaborasi penelitian ini didukung oleh program UNESCO Biotechnology School in Asia, dimana mahasiswa terpilih dari SITH ITB dapat melaksanakan riset tugas akhirnya di Osaka University. Dalam program tersebut, mahasiswa S2 bimbingan dari Dr. Anggraini Barlian mendapat kesempatan untuk melaksanakan riset di bawah bimbingan Prof. Masahiro Kino-oka dari Osaka University. Program tersebut kemudian menghasilkan kerjasama riset dan mahasiswa bimbingan bersama.